Kamis, 06 Desember 2018

Laporan PKL


LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat pengajuan lamaran Praktik Kerja Lapangan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis
UNIVERSITAS HASANUDDIN
Disusun oleh :
1.      Imelda Sari
2.      Salsabila Filzania
3.      Sri Rahayu Saputri
4.      Rika Rahman


 









PROGRAM KEAHLIAN
MAKASSAR
2018

Laporan Praktek Kerja Industri ini telah disetujui dan disahkan oleh Pembimbing, Pemimpin DU/DI/Institusi, Waka Humas dan Kepala Sekolah SMK Laniang Makassar pada :

                        Hari                 :
                        Tanggal           :


                                   
Mengetahui :

Kepala Sekolah



AHMAD BACHTIAR
Pemimpin DU/DI/Institusi



Dra. Hj. Fatmahara
NIP. 1964









            Penulis mengucapkan puji syukur kehadirat Allah atas rahmat dan hidayah-Nya yang diberikan kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dengan baik dan lancar.
            Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini  disusun sebagai salah satu syarat agar penulis dapat mengikuti Ujian Nasional. Dalam Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini diuraikan hasil Praktek Kerja Industri di Instansi
            Penulis menyadari sepenuhnya bahwa Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, dengan rendah hati penulis mohon maaf atas segala kekurangannya dan mengharap tegur sapa serta kritik dan saran yang membangun. Akhirnya, semoga Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat bermanfaat.














A.   LATAR BELAKANG ………………………………………………….... 2
B.   PENGERTIAN PRAKERIN . ………………………………………….. 3
C.   TUJUAN ………………….... …………………………………………... 4
D.   MANFAAT ……………………………………………………………..... 5
E.   LANDASAN HUKUM ………………………………………………….. 6
F.    KEWAJIBAN ……………………………………………………………. 7
G.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN ………………………….... 8
1.    GAMBARAN UMUM INSTANSI ............................................................ 9
2.    VISI MISI DAN TUJUAN INSTANSI ................................................... 10
BAB III
PENUTUP
-       KESIMPULAN ........................................................................................ 11
-       SARAN .................................................................................................... 12





BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG PRAKERIN

Sejalan dengan era baru yang belakangan ini marak diperbincangkan baik didalam maupun diluar negeri.Tujuan diadakannya prakerin yaitu menjadikan siswa siswi dapat lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan mampu bekerja sesuai bidangnya.

B.      PENGERTIAN PRAKERIN
Praktek Kerja Industri adalah suatu bentuk Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Keahlian Kejuruan yang memadukan secara sistematik sinkronisasi program pendidikan di sekolah dan program pendidikan di dunia kerja. Dalam pengertian lain PRAKERIN adalah kegiatan pendidikan , pelatihan dan pembelajaran yang dilaksakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya, dalam pelaksanaanya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau industri.

C.      TUJUAN PRAKERIN
1.      Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan disekolah.
2.      Membentuk pola pikir yang konstruktif, pola pikir bagi siswa-siswi PRAKERIN
3.      Melatih siswa untuk berkomunikasi/berinteraksi secara professional di dunia kerja yang sebenarnya.
4.      Membentuk etos kerja yang baik bagi siswa-siswi prakerin.
5.      Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki   oleh siswa-siswi prakerin sesuai bidang masing-masing.
6.      Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dengan dunia kerja.

D.     MANFAAT PRAKERIN
      A.  Bagi Instansi Tempat Praktek
       1)     Instansi mendapat tenaga tambahan.
  2)     Instansi Industri atau Jasa dapat memanfaatkan pengetahuan serta ketrampilan siswa.
       3)     Instansi dapat meningkatkan Effisiensi, Produktivitas.
     
      B.  Bagi Siswa
       1.     Dapat mengerti lingkungan kerja secara nyata.
       2.      Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal
       3.      Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga visi dan misi SMK
       4.      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan , dan semangat kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangann kerja
       5.      Memperkokoh hubungan sekolah dengan dunia kerja
       6.      Meningkatkan efisiesi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
       7.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalam kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
       8.      Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era globalisasi
E.      LANDASAN HUKUM PRAKERIN
a)      UU NO 20 Tahun 2003, tentang sistim pendidikan nasional :
“Pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan ,pengendalian diri, kepribadian , kecerdasan , akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara”
b)      KEPMEN Pendidikan dan Kebudayaan No.323/U/1997 , tentang penyelenggaraan prakerin SMK
c)      Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang antara lain :
ü  Penyelenggaraan sekolah menengah dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha/industri dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan .
ü  Pada Sekolah Menengah dapat dilakukan uji coba gagasan baru yang diperlukan dalam rangka pengembangan pendidikan menengah
d)    KEPMENDIKBUD No.080/V/1993 tentang kurikulum sekolah menengah kejuruan yang menyatakan :
ü  Menggunakan Unit produksi sekolah beroperasi secara professional sebagai wahana pelatihan kejuruan
ü  Melaksanakan sebagai kelompok mata pelajaran kejuruan disekolah , dan sebagai lainnya didunia usaha dan industri.
ü  Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan sepenuhnya di masyarakat dunia usaha dan industri.
F.    KEWAJIBAN
Agar pelaksanaan praktek tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal, maka masing–masing pihak mempunyai kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu :
A.      SISWA
1)    Mematuhi peraturan dan prosedur yang ditetapkan Perusahaan, serta peraturan sekolah yang bersangkutan.
2)     Mempersiapkan diri dengan materi kerja.
3)     Menjaga nama baik sekolah.
4)     Menjaga nama baik perusahaan tempat PRAKERIN.
5)     Menyusun laporan praktek kerja.
B.      SEKOLAH
1)    Memberikan penjelasan umum mengenai cara pelaksanakan Praktek  Kerja.
2)     Membekali siswa dengan pengetahuan penulisan laporan kerja.
C.     INSTANSI/PERUSAHAAN
1)     Menunjuk seorang Staff/ Pegawai yang akan ditugasi sebagai pembimbing.
2)     Menunjukkan tempat/ Unit divisi dalam perusahaan yang akan dijadikan tempat pelaksanaan praktek kerja.
3)     Menunjuk jenis pekerjaan yang harus dilakukan siswa.


F.       WAKTU PRAKERIN
Berdasarkan surat edaran Sekolah dijelaskan lamanya pelatihan di Dunia Usaha/dunia Industri atau Instansi pasangan adalah minimal Tiga Bulan dari tanggal 02 Juli  2018 sampai 30 September 2018.












BAB II
GAMBARAN UMUM INSTANSI


A.         Sejarah singkat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNHAS
Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin merupakan Fakultas Ekonomi tertua di Indonesia yang didirikan pada tanggal 8 Oktober 1948 sebagai cabang dari Universitas Indonesia, Jakarta berdasarkan keputusan Letnan Jenderal Gubernur Pemerintah Hindia Belanda Nomor 127 tanggal 23 Juli 1947.
Keputusan ini merupakan rencana desentralisasi Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah diterima sebagai pedoman oleh pemerintah waktu itu. Sebagai cikal bakalnya, pada tanggal 1 September 1947, Drs. L. A. Enthoven diberi tugas mewujudkan “leergang van de opleiding van levaren M.O. economie en hendelswetenshappenmet bepetket bevoegheid” untuk memenuhi kebutuhan guru-guru Ilmu Ekonomi dan memegang buku bagi sekolah-sekolah menengah di Indonesia. Leergang ini dibuka pada tanggal 15 Januari 1948 dengan 16 orang mahasiswa. Diasuh oleh dosen Drs. L. A. Enthoven sendiri sebagai Direktur/Dekan.
Karena ketidakpastian yang berlarut-larut dan kekacauan di Makassar dan sekitarnya, maka Fakultas Ekonomi yang dipimpin oleh Drs. L.A. Enthoven (Direktur) dibekukan dan baru dibuka kembali sebagai cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) pada 7 Oktober 1953 dibawah pimpinan Prof. Drs. G.H.M. Riekerk. Dibawah pimpinan Prof. Drs. G.H.M. Riekerk, Fakultas Ekonomi benar-benar hidup sebagai cikal bakal Universitas Hasanuddin setelah dipimpin acting ketua, Prof. Drs. G. J. Wolhoff dan sekretarisnya, Drs. Muhammad Baga pada tanggal 1 September 1956 sampai diresmikannya Universitas Hasanuddin pada tanggal 10 September 1956.
Di masa kepemimpinan Rektor, Prof. Dr. Ahmad Amiruddin berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0266/Q/1977 tanggal 16 Juli 1977, Fakultas Sastra diintegrasikan ke dalam Fakultas Ilmu Sosial Budaya bersama Fakultas Ilmu Sosial Politik dan Fakultas Ekonomi. Hal yang sama juga terjadi atas Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA yang diintegrasikan menjadi Fakultas Sains dan Teknologi terkecuali Fakultas Hukum yang tidak “rela”  berintegrasi dengan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Budaya. Berselang enam tahun kemudian yakni pada tahun 1983 pengintegrasian ini dicabut dengan keluamya PP No. 5 Tahun 1980 yang disusul dengan SK Presiden RI No. 68 Tahun 1982.
Sejak berdirinya, Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin telah melahirkan sejumlah tokoh yang menduduki posisi penting dalam organisasi dan pemerintahan. Posisi tersebut antara lain sebagai rektor, menteri, asisten menteri, duta besar, dan bahkan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2004-2009 dan 2014-2019. Selain itu, dalam sektor bisnis, sejumlah alumni Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin juga menempati posisi-posisi penting, antara lain direktur dan direktur utama, anggota komisaris dan komisaris utama pada sejumlah perusahaan swasta dan perusahaan umum milik Negara (BUMN).
Pimpinan Fakultas Ekonomi Unhas
Sejak berdirinya pada tanggal 8 Oktober 1948 sebagai cabang dari Universitas Indonesia, Jakarta berdasarkan keputusan Letnan Jenderal Gubernur Pemerintah Hindia Belanda Nomor 127 tanggal 23 Juli 1947, Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin telah dipimpin oleh Dekan sebagai berikut :
  1. Drs. L. A. Enthoven (1948 – 1953)
  2. Dr. De Heer (1953 – 1955)
  3. Prof. Drs. G.H.M. Riekerk (1955 – 1956)
  4. Prof. Drs. G.J. Wolhoff (1956 – 1958)
  5. Drs. A. Hafid (1958 – 1961)
  6. Drs. Miendrowo Prawirodjemeno (1961 – 1963)
  7. Drs. Kandou (1963 – 1965)
  8. Drs. Latanro (1965 – 1968)
  9. Drs. Burhamzah (1968 – 1973)
  10. Drs. Latanro
  11. Prof. Dr. Ny. Kustiah Kristanto
  12. Dr. Abdul Rahman Panetto, M.A. (1985 – 1988)
  13. Prof. Dr. A. Karim Saleh (1990 – 1997)
  14. Dr. Djabir Hamzah, M.A. (1997 – 2000)
  15. Drs. Taslim Arifin, M.A. (2000 – 2005)
  16. Dr. Fattah Kadir, S.E., S.U. (2005 – 2006)
  17. Prof. Dr. Muh. Yunus Zain, M.A. (2006 – 2009)
  18. Prof. Dr. Muhammad Ali, S.E., M.Si. (2009 – 2013)
Fakultas kemudian mengalami perubahan sejak 2017 nama menjadi “FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS”
19.Prof. Dr. Gagaring Pagalung, S.E., M.S., Ak., CA. (2013 – 2017)
20. Prof. Dr. Abd. Rahman Kadir, M.Si. CIPM (2017 – sekarang)

B.      VISI DAN MISI DAN TUJUAN FEB UNHAS

v  VISI
Menjadi Pusat Unggulan Pendidikan Ekonomi dan Bisnis yang Bereputasi Internasional”
v  MISI
ü  Mendidik mahasiswa yang bertanggung jawab terhadap bidang keilmuan, sosial, dan lingkunga
ü  Mendidik mahasiswa yang tercerahkan, adaptif, produktif, dan mandiri sehingga mampu mengembangkan dan melakukan pemutakhiran ilmu pengetahuan berlandaskan etika dan moral melalui aktivitas pedidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
ü  Mengembangkan struktur tata kelola kelembagaan, budaya, dan sistem penjaminan mutu akademikyang menunjang iklim akademik yang koheren dan berstandar internasional.
ü  Mengembangkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai penghasil sumber daya manusia yang ahli dan terampil dalam bidang ekonomi dan bisnis regional di kawasan Indonesia Timur.
Tujuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNHAS

1.    Ikut serta dalam upaya mencerdaskan generasi bangsa dan menciptakan insan kamil.
2.    Mengembangkan atmosfir dan kehidupan masyarakat akademik yang didukung oleh budaya ilmiah yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3.    Menghasilkan lulusan yang memiliki dasar-dasar ilmiah, kemampuan akademik, metodologi riset, profesional, mandiri dan mampu bersaing secara nasional maupun global.
4.    Menghasilkan magister dan doktor yang memiliki pandangan holistik dan humanis.
5.    Melakukan dan mengembangkan kajian-kajian ilmiah dalam setiap bidang keilmuan untuk mengembangkan kehidupan masyarakat akademik yang didukung oleh budaya ilmiah yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
6.    Menghasilkan karya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan bangsa.
7.    Meningkatkan citra Fakultas dalam pandangan stakeholders, etika ilmiah dan sosial.
8.    Mengembangkan program-program akademik dan profesional dalam rangka mengikuti perkembangan IPTEKS.
9.    Mewujudkan tata kelola fakultas yang transparan berdasarkan prinsip-prinsip good governance.


BAB III
PELAKSANAAN


3.1       Objek Kerja Praktik
Objek kerja praktik yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa adalah Rumah Sakit Immanuel Kota Bandung, Jawa Barat.
3.2       Pembimbing Kerja Praktik
Pada pelaksanaan kerja praktik ini, mahasiswa dibimbing oleh :
1.      Dosen pembimbing yang diwakili oleh dosen Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung. Selama kerja praktik mahasiswa selalu berhubungan mulai dari persiapan, konsultasi sampai evaluasi akhir.
2.      Pembimbing dari industri yang bersangkutan. Selama di industri mahasiswa dapat berhubungan dengan staff dari bidang terkait yang memberikan informasi industri dan memberikan evaluasi akhir terhadap performasi mahasiswa selama kerja praktik.

3.3                   Jurnal dan Laporan Praktik Kerja Lapangan
Segala sesuatu yang diamati maupun dikerjakan oleh mahasiswa selama praktik kerja lapangan akan dicatat dalam satu jurnal. Jurnal ini akan diparaf oleh pembimbing lapangan dan dikirim ke dosen pembimbing setiap 1 minggu sekali. Pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam praktik kerja lapangan akan dilaporkan dalam laporan praktik kerja lapangan yang akan diberikan untuk Jurusan maupun untuk perusahaan tempat kerja praktik.

3.4       Waktu Pelaksanaan
Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan selama tiga bulan. Sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Jurusan Administrasi Niaga Program Studi Manajemen Aset dimulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan 28 Oktober 2016.

3.5       Data Diri
1.      Nama                                       :
                        NIM                                        :
                        Program Studi                         :
                        Jurusan                                    :
                        Tempat, Tanggal Lahir            :
                        Jenis Kelamin                          :
                        No. Telepon Seluler                :
                        Email                                       :
3.6       Alamat Kampus                    : 















BAB III
PENUTUP
-       KESIMPULAN
-       SARAN
A.   KESIMPULAN

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara bekerja dilapangan sesuai keahlian masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat melihat gambaran mengenai kagiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, serta siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada praktek kerja lapangan ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan), penulis merasa bangga bisa mendapatkan Ilmu yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Tujuan lain PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah menambah wawasan yang luas bagi siswa dan siswi, terutama dalam bidang yang di tempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni diruangan pemilahan arsip, penulis bisa belajar dan dapat mengetahui yang belum penulis dapatkan selama ini, terutama pengetahuan tentang bernagai berkas yang tersedia.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Yasika yang telah bersedia menerima penulis apa adanya untuk melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dan bersedia mendampingi penulis selama PKL berlangsung.

A.    SARAN
Dengan segenap kekurangan dan keterbatassan yang dimiliki, penulis menyarankan bagi semua pembaca khususnya siswa-siswi SMK Laniang terutama adik kelas agar lebih bersemangat dan  bersungguh-sungguh dalam melaksanakan program yang diadakan disekolah dan bagi semua teman seperjuangan agar tetap bersemangat dan berjuang dalam mengembangkan potensi diri dan menjaga nama baik sekolah.
Sebuah karya pasti mempunyai kelebihan dan juga kelemahan, penulis merasa bahwa karya yang telah dibuat ini masih banyak kekurangannya oleh karena itu penulis senantiasa mengharapkan saran dan kritik yang dapat membangun semangat kami agar dapat membuat yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk saran dan kritiknya dapat menghubungi sekolah atau pihak yang bersangkutan.
Sebagai kata penutup dalam penulisan tugas akhir ini,  penulis panjat puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga dengan penuh kesabaran, ketabahan, dan jerih payah penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Semoga apa yang telah penulis paparkan dalam tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi diri penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Hanya kepada Allah lah segalanya penulis kembalikan, sebab di tangan-Nyalah sumber segala kebenaran. Bila ada sedikit kebenaran dalam tugas akhir ini semata-mata datangnya dari Allah SWT dan bila terdapat banyak kesalahan itu karena kedho’ifan penulisan.
Demikianlah penulisan laporan ini dibuat, semoga bermanfaat Amin ya Mujibassa’ilin.

.

                                                                                                       

0 comments:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *